Rabu, 26 Februari 2020

18 Desa Siap Gelar Pilkades Batang Tanpa Politik Uang

Reality News - Menjelang Pilkada Serentak di Kabupaten Batang yang akan digelar 29 September 2019, terdapat 18 desa yang menyatakan siap melaksanakan pilkades secara beradab dan bersih dari politik uang.

"Harapan saya pilkades serentak  ini menyenangkan dan tanpa money politik demi untuk kemaslahatan desa. Jadikan demokrasi pilkades yang menggembirakan bagi warga," kata Bupati Batang Wihaji usai melaksanakan Silatirhmi Kamtibmas di Kecamatan Reban, Senin ( 16/9/2019).

Gerakan moral anti money politik dilaksanakan di 15 kecamatan, kegiatan menghadirkan semua calon kepala desa, panitia pilkades dan Badan Pemusyawarayan Desa ( BPD), dan tokoh masyarakat desa. 

"Ini merupakan gerakan moral sebagai bentuk ikhtiar kita untuk harapan dan masa depan yang lebih baik dan terciptanya kesejahteraan masyarakat desa, yang awalnya gerakan ini hanya empat desa dan terus bertambah sampai 17 desa," jelas Wihaji

Dengan bertambahnya desa yang melaksanakan Pilkades tanpa uang, ini menunjukan adanya pemahaman dan pendewasan masyarakat dalam berpolitik setelah adanya gerakan moral ini.
Dikatakan, kepala desa bukanl pejabat politik, akan tetapi proses pemilihannya secara politik yang dipilih langsung oleh rakyat.

Wihaji kembali menegaskan, kalau memang berhasil melaksanakan tanpa money politik akan ada bantuan keuangan desa Rp 100 sampai 200 juta. 

"Oleh karena itu, kami harapkan ada kearifan lokal yang harus kita bangun untuk terlepas dari politik uang," kata Wihaji

Lebih lanjut dikemukakan, sementara baru ada 18 desa yang  siap Pilkades no money politik dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan bertambah.

"Kita sambut baik desa yang memiliki niat yang luar biasa ini dan kami harapkan semunya desa pilkades tidak dinodai dengan politik transaksional," kata Wihaji.

Ia juga berharap desa yang akan melaksanakan Pilkades tanpa politik uang harus belajar dengan Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah, yang pada pemilihan sebelumnya tidak ada politik uang.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan, Forkopimda selalu menjaga dan menciptakan kondisi yang aman, tentram dan damai dalam proses Pilkades.

Adapun 18 desa siap Pilkades tanpa money politik yakni, Kecamatan Wonotunggal: Desa Kreo, Sodong, Kemligi, Kecamatan Tulis : Desa Siberuk, Kecamatan Subah :Kemiri Barat, Kecamatan Gringsing: Desa Yosorejo, Kecamatan Reban :Desa Reban, Kalisari, Candirejo, Pacet, Tambakboyo dan desa Sukomangli, Kecamatan Bawang: Desa Candirejo, Kecamtan Tersono: Desa Pujud, Boja, Rejosari Timur, Satrian, Kecamatan Banyuputih :Desa Dlimas dan Timbang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar