Rabu, 30 Oktober 2019

ini 5 Peristiwa Penting di Bulan Rabiul Awal!

Reality News - Dalam perhitungan Hijriah, awal bulan Rabiul Awal 1441 H jatuh pada Selasa (29/10), atau Senin (28/10) malam. Kehadiran bulan Rabiul Awal tentu menjadi sesuatu yang membahagiakan bagi umat Islam. Sebab, di bulan inilah beberapa peristiwa penting terjadi dalam sejarah dunia Islam.
Di Indonesia, kedatangan bulan Rabiul Awal pun biasanya dirayakan dengan berbagai kegiatan. Seperti pembacaan kitab Barzanji, garebek maulid, sampai pawai obor. Namun, bukan karena bulan Rabiul Awal-nya yang mulia, tetapi peristiwa yang terjadi di dalamnya yang membuatnya terasa istimewa.
Berikut 5 peristiwa penting dalam sejarah umat Islam yang terjadi pada bulan Rabiul Awal :
1. Bulan kelahiran Nabi Muhammad
Hal yang paling membuat Rabiul Awal menjadi bulan yang istimewa bagi umat Islam ialah, pada bulan ini Nabi Muhammad lahir ke dunia. Sebagaimana disebutkan di banyak riwayat, Nabi Muhammad lahir di Makkah pada tanggal 12 Rabiul Awal yang bertepatan dengan tahun Gajah.
Atas kelahiran Nabi Muhammad ini bulan Rabiul Awal banyak digelar kegiatan keagamaan.
2. Bulan hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah
Pada bulan Rabiul AwalNabi Muhammad dan umat muslim lainnya melakukan hijrahnya secara besar-besaran dari Makkah ke Madinah. Hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah kemudian diperingati Umar bin Khattab sebagai lahirnya tahun Hijriah.
3. Dibangunnya masjid pertama di dunia
Saat melakukan perjalanan hijrah, Nabi Muhammad dan rombongan sempat mampir di daerah Quba. Di sana, Rasulullah menginap di rumah Amr bin Auf selama empat hari. Selama berada di Quba, Rasulullah membangun masjid untuk pertama kalinya, yakni Masjid Quba.
4. Dilaksanakannya salat Jumat untuk pertama kalinya
Tidak hanya membangun masjid, Nabi Muhammad juga mendapatkan wahyu untuk mengerjakan salat Jumat saat melakukan perjalanan hijrah di bulan Rabiul Awal. Maka, Nabi dan sahabat pun melakukan salat Jumat. Ini merupakan salat Jumat pertama kalinya yang dilaksanakan Rasulullah.
5. Bulan wafatnya Nabi Muhammad
Peristiwa penting lainnya yang terjadi di bulan Rabiul Awal ialah bulan wafatnya Nabi Muhammad. Mayoriyas ulama mengatakan, jika Nabi Muhammad wafat pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriah. Beliau lahir dan wafat di tanggal yang sama, yakni 12 Rabiul Awal.
Itulah 5 peristiwa penting yang terjadi di bulan Rabiul Awal bagi umat Islam.


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar